Kekeliruan Dalam Berorganisasi

Kekeliruan Dalam Berorganisasi

Sebelum kita membahas tentang kekeliruan yang ada didalam organisasi, pastinya kita juga harus tahu dulu apa itu organisasi, karena untuk mengupas masalah-masalah yang ada didalamnya kita  harus mengenal object yang akan kita bahas. Organisasi adalah kumpulan orang-orang atau individu yang memiliki tujuan yang sama serta saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut. Jadi organisasi itu terbentuk agar tujuan yang mereka inginkan dapat tercapai dengan mudah. Kenapa mudah? toh kitakan berorganisasi ga sendirian, dalam setiap organisasi juga banyak kegiatan kerja sama untuk meringankan pekerjaan dan mempermudah mencapai tujuan. Biasanya organisasi juga didorong oleh visi dan misi yang dibuat pada awal membuat organisasi, hal ini digunakan agar kita lebih terarah dalam mencapai tujuan bersama.

Organisasi Itu Penting?

Kalo soal penting atau tidaknya tentu berorganisasi itu sangat penting dan dapat memberikan banyak manfaat, misalnya:

1.Memperluas Jaringan Pertemanan

Dengan berorganisasi tentunya kita juga akan bertemu banyak orang, dan biasanya kita juga akan berteman dengan mereka, semakin banyak teman yang kita miliki semakin banyak pula orang orang yang akan membantu kita jika kita kesulitan meski terkadang selalu ada teman yang enggan saat kita minta bantuan.

2. Belajar Mencari Solusi Dari Suatu Masalah

Dalam berorganisasi kita juga dituntut untuk bisa mencari jalan keluar dari masalah yang kita hadapi, karena untuk mencapai tujuan kita pasti akan dihadang oleh masalah-masalah yang bisa membuat kita tidak sanggup melaluinya, masalah yang datang memiliki fasenya masing-masing, ada yang ringan dan juga ada yang berat, dengan seringnya kita menghadapi masalah tentu itu juga akan berpengaruh dalam kehidupan kita, misalnya kita jadi lebih mudah mencari solusi dari masalah yang kita hadapi, itu terjadi karena terbiasa.

3. Manajemen Waktu

Saat kita berorganisasi pasti kita juga akan membutuhkan waktu untuk organisasi tersebut, entah itu untuk kegiatan rapat atau yang lainnya, disini juga kita dituntut untuk mengelola waktu kita dengan sebaik-baiknya, karena jika tdak kita akan keteteran dalam menjalani kehidupan kita.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat-manfaat yang bisa kita peroleh dari berorganisasi, tapi disini saya hanya akan membagikan yang pokoknya saja karena yang akan kita bahas disini adalah kekeliruan pola berfikir orang dalam berorganisasi.

Organisasi kan Baik, kok Bisa Sampai Keliru?

Organisasi memang sangat baik untuk kita, tetapi terkadang cara berfikir kita yang salah dalam memahami konsep dari berorganisasi, sebenarnya konsep dari berorganisasi hanyalah mencapai tujuan bersama didorong oleh visi dan misi tetapi yang kita pahami bukanlah itu.

Banyaknya kesalah pahaman terhadap konsep berorganisasi ini bisa menimbulkan dampak negatif seperti kerusuhan, perselisihan, rasis, dan lain lain yang tentunya sangat tidak mencerminkan kaedah dalam berorganisasi.

Memangnya Paham Bagaimana Yang Salah?

Semakin berkembangnya jaman dan semakin berjalannya waktu tentu akan banyak pemahaman pemahaman yang mulai beredar luas dan bisa memperngaruhi masyarakat, contoh pemahaman yang salah adalah

Bangga Memiliki Organisasi

Mungkin mulai banyak orang yang suka membangga-banggakan organisasinya hanya karena organisasi yang ia miliki menurutnya lebih bagus dari organisasi lain. Ini adalah cara berfikir yang salah, kenapa? karna kita tidak seharusnya bangga, buat apa kita bangga? apa yang perlu dibanggakan? kebanggan dalam berorganisasi itu hanya terletak disaat organisasi tersebut telah mencapai tujuannya.

kenapa kita membuang-buang waktu kita untuk membanggakan organisasi kita? kapan kita mau bikin organisasi itu jadi bangga sama kita? kapan?

Menganggap Organisasinya Paling Benar

Paham inilah yang banyak memberikan dampak negatif pada masyarakat saat ini, banyak permusuhan dalam masyarakat hanya karena beda kepercayaan atau beda pendapat, masing masing anggota kelompok atau organisasi menganggap organisasinya paling benar sehingga menyalahkan kelompok atau organisasi yang lain.

Seharusnya kita dapat berfikir secara rasional dan terbuka terhadap semua pendapat, siapa tau pendapat yang lain justru lebih baik daripada pendapat kita sendiri, kita juga tidak boleh membenarkan yang salah dan menyalahkan yang benar, misalnya kita punya organisasi, meskipun organisasi kita menggunakan cara yang salah dalam mencapai tujuannya kita akan membenarkannya saja karena itu adalah organisasi kita, tetapi jika ada organisasi atau kelompok lain yang melakukannya dengan cara yang baik, kita sengaja menghalang halanginya dengan cara yang tidak baik.

Individualis

loh? kok bisa jadi individualis? kan organisasi itu justru bikin kita jadi kerja sama?. Yang saya maksud individualis disini ialah ingin memajukan kelompok atau organisasinya sendiri, jadi orang orang seperti ini tidak akan mau jika diajak bergabung dengan kelompok lainnya meskipun mereka memiliki tujuan yang sama, toh sebenernya untuk mencapai tujuan yang sama bergabung adalah salah satu tips yang lebih efektif karena dapat membangun kelompok yang lebih besar.

Jadi masih bisa bayangin kan kenapa indonesia ga maju maju? 
Kesimpulannya sebenarnya sangat sederhana, yaitu karena kurangnya rasa tanggung jawab, pengetahuan yang bersifat doktrin, tidak rasional, dan lebih mementingkan kelompoknya daripada masyarakat yang ada disekitarnya.
First

16 comments

Write comments
Anonymous
AUTHOR
October 19, 2015 at 10:01 PM delete

mantap mas gan , slam kenal :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
October 29, 2015 at 8:50 PM delete

artikelnya ok gan, templatenya juga mantab,, salam kenal :D

Reply
avatar
October 29, 2015 at 9:00 PM delete

haha..pastinya bangga punya organisasi...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 29, 2015 at 9:08 PM delete

tapi jangan terlalu bangga gan ^_^ takutnya lupa sama tujuan berorganisasi

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 29, 2015 at 9:19 PM delete

Artikelnya bagus gan.. Nyesel ane dlu kgak pernah ikutan organisasi.. 😁😁

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 29, 2015 at 9:26 PM delete

iya sama gan, saya juga ga pernah ikut dulu, tapi sekarang yang saya lihat banyak banget yang keliru dalam memahami organisasi :(

Reply
avatar
Don Soe
AUTHOR
October 30, 2015 at 11:46 AM delete

kebanggaan di organisasi itu bukan banyaknya kita ikut organisaasi, tp apakah organisasi kita bs mencapai visi misi yg ada
hhehehe

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 30, 2015 at 9:31 PM delete

nah iyaa nih saya setuju sama agan hehehe

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
October 31, 2015 at 8:12 AM delete

yang penting tau batasan-batasan dalam berorganisasi kan?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 31, 2015 at 12:07 PM delete

nah iya gan, tapi ya diusahakan itu cara berfikirnya jangan sampai keliru, kalo udah keliru nanti malah orang lain juga ikut ikutan yang salah

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
November 3, 2015 at 7:33 PM delete

Mantap gan kunjungi juga www.free-24.blogspot.com :D

Reply
avatar